Konsultasikan Alergi ke Dokter Spesialis untuk Deteksi Lebih Lanjut Gejala Alergi Pada Anak

Posted on

Saat Anda bisa mengenali ciri-ciri reaksi alergi pada anak, maka sebaiknya Anda tidak menganggap sepele hal tersebut. Apalagi jika gejala yang timbul berpotensi membahayakan kondisi kesehatan si kecil. Langkah terbaik adalah hentikan konsumsi atau jauhkan penyebab alergi (allergen) dari anak kita dan segeralah konsultasikan alergi yang timbul ke dokter spesialis. Untuk mendeteksi gejala alergi pada anak, sebaiknya Anda kenali beberapa tanda yang mengindikasikan terjadinya alergi, yaitu:

Gejala alergi yang menyerang kulit

Sebagai bagian dari sistem imunitas tubuh, kulit adalah bagian yang paling mudah memberikan informasi tentang reaksi alergi. Ciri-ciri seperti luka mengering (eksim), timbul bercak-bercak yang mengeras, kulit memerah, terasa gatal dan sejenisnya merupakan tanda reaksi alergi pada kulit. Awalnya tanda yang muncul terlihat kecil saja, namun pada taraf serius dan membahayakan, ukuran merah ruam di kulit bisa makin melebar dan membesar.

Kondisi Gangguan Pernafasan

Gangguan alergi yang selanjutnya adalah timbulnya kesulitan bernafas. Biasanya suara nafas menjadi berat dan keras, irama nafasnya juga pendek-pendek. Umumnya akan terjadi juga batuk kering yang disertai dengan dahak bening, dan juga penderita akan merasa cepat lelah.

Gejala tambahan

Gejala-gejala lain yang menyertai reaksi alergi adalah diare dan keram pada perut. Ada pula keluhan sakit kepala dan pusing yang tak tertahan. Umumnya anak yang menderita reaksi alergi akan mudah rewel dan kesulitan saat tidur sehingga hal ini sangat mengganggu kesehatan penderita.

Dari beberapa tanda di atas, maka Anda akan dengan mudah menemukan dan mengenali gejala alergi pada anak sehingga memudahkan Anda pula untuk segera konsultasikan alergi ke dokter alergi anak yang terjadi ke dokter spesialis. Selain itu menghentikan konsumsi allergen sangat membantu dalam upaya mengurangi dampak alergi lanjutan pada anak. Namun Anda tetap harus memperhatikan asupan gizi anak terutama bila alergi yang dialaminya adalah alergi terhadap makanan dan susu formula. Mencarikan asupan pengganti yang setara dengan nutrisi susu sapi sangatlah diperlukan. Dan salah satu produk susu yang baik untuk diberikan pada anak yang alergi susu sapi adalah susu SGM Soya dengan manfaat lebih isolat kedelai yang dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *