Pertolongan Pertama untuk Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Posted on

Pertolongan Pertama untuk Korban Kecelakaan Lalu Lintas

 

 

Memiliki asuransi kecelakaan saja tidak cukup untuk menjamin keselamatan berkendara. Karena kita juga harus berkendara dengan tertib agar bisa meminimalkan risiko kecelakaan. Di samping itu, kita juga wajib mengetahui cara pertolongan pertama yang benar untuk korban kecelakaan lalu lintas. Sehingga dampak buruk kecelakaan tersebut tidak terlalu parah.

Ketika menemukan korban kecelakaan lalu lintas, sebaiknya kita melakukan beberapa hal berikut ini :

Menjauhkan Kendaraan dari Korban Kecelakaan

Kendaraan yang baru saja mengalami kecelakaan sebaiknya segera dijauhkan dari korban. Jangan sampai ada komponen kendaraan yang rusak dan melukai korban kecelakaan lalu lintas. Pinggirkan dulu kendaraan ke tempat aman agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

Mengecek Kesadaran Korban

Cobalah untuk menepuk-nepuk pundak korban secara perlahan-lahan. Hal ini wajib dilakukan untuk mengecek kesadaran korban. Jika korban sudah berada dalam kondisi tak sadar, maka tindakan resusitasi jantung paru (CPR) dapat segera dilakukan.

Menghentikan Perdarahan yang Terjadi

Perdarahan yang terjadi pasca kecelakaan ternyata bisa membahayakan nyawa korban. Gunakan kain bersih berukuran agak besar untuk menghentikan perdarahan. Tekanlah bagian tubuh yang mengalami perdarahan secara lembut dengan kain tersebut. Jangan membuat korban merasa panik agar perdarahannya tidak semakin parah.

Agar Tubuh Korban Berada Dalam Kondisi Lurus

Jangan sembarangan mengangkat tubuh korban kecelakaan lalu lintas. Jika korban mengalami kondisi patah tulang, maka mengangkat tubuh korban hanya akan memperparah kondisi tersebut. Pastikan saja bahwa korban kecelakaan berada dalam posisi berbaring rileks. Biarkan tim medis yang membantu proses evakuasi korban ke rumah sakit terdekat.

Mengatasi Korban yang Shock

Korban kecelakaan yang shock biasanya akan berdiam diri dan tampak pucat. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah untuk membuat korban merasa nyaman. Berikan air minum dan hiburlah korban agar lekas pulih. Biarkan korban tersebut duduk rileks selama 10 hingga 15 menit untuk mengembalikan kondisinya seperti semula.

 

Kita tidak perlu terlalu khawatir dengan risiko kecelakaan yang mungkin kita alami di jalan raya. Kini kita bisa pilih asuransi kecelakaan diri di sini, di Futuready. Kualitas produk asuransi yang dibandingkan di situs Futuready tak akan mengecewakan kita. Sebab kita tak harus memilih asuransi dengan premi mahal untuk mendapatkan proteksi maksimal dari risiko kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *