Tips Obat Ruam Popok untuk Bayi

Posted on

Sebagai Orang Tua kita haru mempertimbangkan banyak hal yang berhubungan dengan kesehatan dan perawatan bayi. Permasalahan yang sering muncul adalah masalah Ruam Popok. Ruam Popok terjadi pada bayi karena kulit bayi lebih sensitif dan pada kulit orang dewasa sehingga lebih mudah terkena iritasi seperti ruam popok.

Gejala ini pada umumnya muncul pada usia dua tahun pertama. Gejala ruam popok ditandai dengan beberapa hal sebagai berikut.

  • Kulit kemerahan dan bengkan muncul pada area paha, bokong, dan sekitar alat kelamin
  • Bayi sering rewel, terutama bila bagian yang tertutup popok disentuk atau dibersihkan
Salah satu cara untuk mengatasi gejala ini adalah dengan menggunakan krim atau obat ruam popok seperti Zwitsal Extra Baby Cream. Anda dapat mencoba tips dari kami di bawah ini agar krim ini bisa bekerja dengan efektif

Oleskan salep atau krim kulit secara tipis

Salah satu penyebab ruam popok adalah infeksi bakteri dan jamur karena kulit bayi di area tersebut cenderung lembab dan hangat. Agar kulit bayi tetap bisa bernafas, oleskan salep atau krim kulit secara tipis. Zwitsal extra baby cream memang diformulasikan secara khusus yang memungkinkan kulit bayi tetap bernafas ketika dioleskan.

Oleskan salep atau krim setiap ganti popok

Penyebab lain dari ruam popok adalah kontak yang terlalu lama dengan urine atau tinja, sehingga anda perlu sering mengganti popok bayi anda. Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap mengganti popok, oleskan kembali Zwitsal extra baby cream agar kulit bayi anda terlingungi dari zat-zat berbahaya yang ada dalam tinja maupun urine

Cuci dan keringkat pantat bayi dengan baik

Seperti yang disebutkan diatas, jamur dan bakteri adalah salah satu penyebab dari gejala ruam popok. Anda harus memperhatikan saat mengganti popok pastikan pantat bayi bersih dengan cara dicuci dengan air hangat dan dikeringkan sebelum diolesi dengan Zwitsal extra baby cream dan diberikan popok baru.

Gunakan popok dengan satu ukuran lebih besar

Gesekan kulit bayi yang sensitif dengan popok adalah salah satu penyebab dari gejala ruam popok. Saat bayi Anda mengalami gejala ini dan dalam masa penyembuhan, gunakan popok dengan satu ukuran lebih besar agar kemungkinan gesekan antara kulit bayi dengan popok dapat dikurangi dan sirkulasi udara lebih terjaga.
gejala ruam popok umumnya dapat disembuhkan tanpa bantuan dari dokter medis. Tetapi bila gejala ruam popok pada bayi anda tidak kunjung membaik atau bahkan bertambah parah dari gejala sebelumya meski sudah ditangani dengan tips diatas ada baiknya anda membawa buah hati anda ke dokter untuk medapatkan penanganan lebih lanjut.
Demikian ulasan dari kami mengenai obat ruam popok. semoga dapat membantu Anda dalam mengurus buah hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *